Tips Merawat Mobil Usai Mudik

Tips Merawat Mobil Usai Mudik – Mudik bersama keluarga merupakan perjalanan yang sangat menyenangkan terutama dengan menggunakan mobil pribadi, selain dirasa lebih murah juga terasa lebih mengakrabkan antar anggota keluarga. Namun seringkali mobil hanya akan dirawat dan dibawa ke bengkel mobil pada waktu akan digunakan saja, padahal perawatan mobil setelah mudik juga sangat penting, terutama setelah menempuh perjalanan jauh dengan medan jalan yang tidak semuanya dalam kondisi baik, tidak jarang mobil terpaksa menghantam lubang jalan bila kurang berhati – hati.

Simak tips merawat mobil usai mudik berikut ini  agar performa mobil anda tetap baik dan nyaman saat digunakan kembali untuk beraktifitas sehari-hari:

  1. Segera cuci mobil anda dan pastikan kolong mobil pun tercuci dengan bersih, hal ini sangat penting karena kotoran yang melekat terlalu lama pada body mobil akan menimbulkan korosi dan noda yang sulit untuk dihilangkan.Tips Merawat Mobil Usai Mudik
  2. Lakukan pengechekan spooring dan balancing ke bengkel mobil hal ini penting terutama setelah mobil digunakan untuk perjalanan jauh dan melewati lubang jalan. Simak juga Pentingnya Spooring Usai Mudik lebaran.
  3. Pastikan kopling mobil anda masih berada dalam kondisi yang baik,
  4. Periksa oli mesin menggunakan deep stick. Oli mesin sebaiknya diganti dengan yang baru meskipun baru menempuh 2.000 km. hal ini penting dilakukan mengingat oli telah bekerja keras menempuh putaran tinggi dan kemacetan selama berjam-jam. Hal ini juga dimungkinkan Oli mesin telah kotor akibat adanya karbon, asam dan zat kotoran lainnya dari proses pembakaran.
  5. Periksa kaki-kaki mobil terutama bila mobil sering dibawa melalui jalanan rusak serta mengangkut beban berat.
  6. Periksa bearing atau bantalan roda mobil dan laher. Apabila timbul suara mendengung yang semakin lama semakin keras pada saat mobil dijalankan hal ini berarti bahwa bantalan roda telah aus dan harus segera ganti dengan yang baru.
  7. Periksa ketinggian air radiator. air radiator Biasanya akan berkurang setelah mesin bekerja keras seperti misalnya habis digunakan untuk mudik perjalanan jauh.

One comment on “Tips Merawat Mobil Usai Mudik

  1. Pingback: Cek Spooring Mobil « Seputar Berita Otomotif

Leave a comment